Matematika Dasar (SNMPTN) 1

1. Jika a > 0, b > 0 dan a≠b, maka :

((a+b)^(-1) (a^(-2)-b^(-2)))/((a^(-1)+b^(-1) )(〖ab〗^(-1)-a^(-1) b))=

(-1)/〖(a+b)〗^2

〖(a+b)〗^2

(-ab)/〖(a+b)〗^2

ab/(a+b)

ab

(〖((_^3)log⁡36)〗^2-〖((_^3)log⁡4)〗^2)/(_^3)log⁡√12 =

a. 2

b. 4

c. 8

d. 12

e. 18

2. Kedua persamaan : x^2+2x+k=0 dan x^2+k=0 mempunyai akar-akar riil untuk …

a. -1/2 ≤ k ≤ 2

b. -1/4 ≤ k <1

c. -1/8 ≤ k ≤ 1

d. -1/8 < k < 1

e. -1/8 ≤ k ≤ 2

3. Agar persamaan kuadrat x^2-px+(p-1)=0 mempunyai akar-akar yang positif, maka haruslah

a. p≠0

b. p≠1

c. p > 0

d. p > 1

e. 0 < p < 1

4. Agar garis y = x + a tidak memotong kurva xy = x-4, maka

a. a 9

c. -5 < a < 3

d. -3 < a < 5

e. 4 < a < 9

5. Nilai yang memenuhi : ((3x- x^2)√(x+2))/x^2 ≤0 adalah

a. x ≥ -2

b. x ≥ 3

c. -2 ≤ x ≤ 3

d. -2 ≤ x < 0 atau x ≥ 3

e. -2 ≤ x 3

6. Fungsi f(x)=√((x^2-2x+1)/(16-x^2 )) terdefinisi untuk x yang memnuhi

a. -4 < x < 4

b. -4 ≤ x ≤ 4

c. x 4

d. -4 4

e. x < -4 atau 1 ≤ x 1) adalah

a. d = 45t – 40

b. d = 95t – 40

c. d = 45t – 5

d. d = 85t – 5

e. d = 75t + 5

8. Enam buah bilangan membentuk deret aritmatika. Jika jumlah empat bilangan pertama adalah 50 dan jumlah empat bilangan terakhir adalah 74, maka jumlah bilangan ketiga dan keempat adalah

a. 11

b. 19

c. 21

d. 31

e. 62

9. Diketahui deret aritmatika dengan suku ke n=Un dan beda 2. Jika U2 + U4 + U6¬ + … + U20 =138, maka jumlah 5 suku pertama deret tersebut adalah

a. -11

b. -10,8

c. -10

d. -9,4

e. -9

10. Diketahui matriks A=[■(4&2@3&-4)], dan B=[■(5&-2@3&1)]. Jika AC=B dan C-1 adalah invers dari matriks C, maka dterminan dari matriks C-1 adalah

a. -2

b. -1

c. 1

d. 2

e. 3

11. Jika tan2x + 1 = a2, maka sin2x =

a. (1-a^2)/a^2

b. (-a^2)/(a^2+1)

c. a^2/(a^2+1)

d. 1/a^2

e. (a^2-1)/a^2

12. Jika tan x =-2/3 , maka (5 sinx+6 cosx)/(2 cosx-3 sin⁡x )=

a. -1 1/6

b. -1/3

c. 1/3

d. 2/3

e. 1 1/6

13. lim┬(x→0)⁡〖sin⁡x/(√(1-x)-1)=〗

a. 2

b. 1

c. 0

d. -1

e. -2

14. lim┬(x→0)⁡〖sin⁡〖2x+2 sin⁡x 〗/sin⁡〖x+tan⁡x 〗 =〗

a. 0

b. ½

c. 1

d. 3/2

e. 2

15. lim┬(x→0)⁡〖(f(a-x)-f(a))/x=〗

a. –f’(x)

b. –f’(x)

c. f’(x)

d. f’(a)

e. f’(-a)

16. Grafik fungsi f(x) = 5 + 15x + 9×2 + x3 naik untuk x yang memenuhi

a. x 5

b. 1 < x < 5

c. -5 < x < -1

d. x -1

e. -5 < x < 1

17. Persamaan 〖10〗^(4 log⁡x )+3(〖10〗^(2 log⁡x))-10=0 dipenuhi oleh x =

a. 2

b. ±√2

c. √2

d. ±√5

e. √5

18. Dari angka-angka 2, 3, 5, 6, 7, dan 9 dibuat bilangan yang terdiri atas tiga angka yang berlainan . Banyaknya bilangan yang dapat dibuat yang lebih kecil dari 400 adalah

a. 10

b. 20

c. 40

d. 80

e. 120

19 Nilai ujian suatu mata pelajaran dibrikan dalam table berikut :

nilai 5 6 7 8 9 10

frekuensi 3 5 4 6 1 1

Jika nilai siswa yang lebih rendah dari rata-rata dinyatakan tidak lulus, maka banyaknya siswa yang lulus adalah

a. 2

b. 8

c. 11

d. 12

e. 17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: